Friday, October 4, 2013

Nabi-nabi dengan Mukjizat menghidupkan Orang Mati



Benarkah Jesus satu-satunya orang yang diberi izin bangkitkan orang mati?
Baik Alkitab Kristen maupun Al-Qur'an keseluruhannya mencatat paling tidak ada 8 orang keseluruhan.

السلام عليكم . بِسْــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم.لا إله إلاَّ الله.محمد رسو  ل الله
الحمد لله رب العا لمين. الصلاة و السلام على رسو ل الله.اما بعد

PALING KURANG, ADA 8 ORANG yang dapat HIDUPKAN MAKHLUK MATI DENGAN IZIN ALLAH

 Nabi Isa AS bukan lah satu-satunya Nabi yang diberi mukjizat dapat menghidupkan orang mati, tapi ada 4 orang lain yang diberi mukjizat serupa, malah lagi, kenyataannya lebih hebat daripada Nabi Isa AS.
Jadi, jumlah orang yang diberi mukjizat oleh ALLAH dalam alkitab christian ialah sebanyak 5 orang. Kemudian, siapa saja kah 5 orang itu?

1. Nabi Ilyas AS, dalam alkitab christian dikenal sebagai Nabi Elia
2. Nabi Ilyasa AS, dalam alkitab christian dikenal sebagai Nabi Elisa
3. Nabi Yehezkiel,Nabi kecil dari bani Israel yang tidak termasuk 25 Nabi besar
4. Petrus, Murid daripada Nabi Isa AS.
5. Nabi Isa AS, dalam alkitab christian dikenal sebagai Nabi Jesus

mari kita simak kisahnya sejenak :)
1. Nabi Ilyas AS

1 Raja 17:21 Lalu ia mengunjurkan badannya di atas anak itu tiga kali, dan berseru kepada TUHAN, katanya: "Ya TUHAN, Allahku! Pulangkanlah kiranya nyawa anak ini ke dalam tubuhnya." 17:22 TUHAN mendengarkan permintaan Elia itu, dan nyawa anak itu pulang ke dalam tubuhnya, sehingga ia hidup kembali.

tahapan yang dilakukan nabi ilyas;
a.       Nabi Ilyas shalat dulu
b.      Nabi Ilyas berdo'a pada ALLAH, ALLAH mengabulkan doa, bangkitlah anak itu & hidup lagi.
c.       Jadi yang membangkitkan orang mati ialah ALLAH, bukan Nabi Ilyas.

2. Nabi Ilyasa AS

2 Raja 13:21 Pada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan datang, dicampakkan merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu pergi. Dan demi mayat itu kena kepada tulang-tulang Elisa, maka hiduplah ia kembali dan bangun berdiri.

tahapan yang dilakukan nabi ilyasa:
a.       Yang membangkitkan mayat itu adalah Allah, karena Nabi Ilyasa telah meninggal
b.      Seharusnya mukjizat Nabi Ilyasa AS ini lagi hebat daripada Nabi Isa AS, karena Nabi Isa dapat hidupkan orang mati, tapi cuma saat Nabi Isa Masih hidup. Sedang Nabi Ilyasa AS dapat menghidupkan orang mati saat Nabi Ilyas sendiri sudah wafat & menjadi bahkan menjadi tulang.

3. Nabi Yehezkiel

Yehezkiel 37:2 Ia membawa aku melihat tulang-tulang itu berkeliling-keliling dan sungguh, amat banyak bertaburan di lembah itu; lihat, tulang-tulang itu amat kering.
37:3 Lalu Ia berfirman kepadaku: "Hai anak manusia, dapatkah tulang-tulang ini dihidupkan kembali?" Aku menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, Engkaulah yang mengetahui!"
37:4 Lalu firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!
37:5 Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini: Aku memberi nafas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.
37:6 Aku akan memberi urat-urat padamu dan menumbuhkan daging padamu, Aku akan menutupi kamu dengan kulit dan memberikan kamu nafas hidup, supaya kamu hidup kembali. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."
37:7 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan kepadaku; dan segera sesudah aku bernubuat, kedengaranlah suara, sungguh, suatu suara berderak-derak, dan tulang-tulang itu bertemu satu sama lain.
37:8 Sedang aku mengamat-amatinya, lihat, urat-urat ada dan daging tumbuh padanya, kemudian kulit menutupinya, tetapi mereka belum bernafas.
37:9 Maka firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah kepada nafas hidup itu, bernubuatlah, hai anak manusia, dan katakanlah kepada nafas hidup itu: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Hai nafas hidup, datanglah dari keempat penjuru angin, dan berembuslah ke dalam orang-orang yang terbunuh ini, supaya mereka hidup kembali."
37:10 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.

tahapan yang dilakukan nabi Yehezkiel:
a.       Nabi Yehezkiel disebut anak manusia, Jesus pun disebut anak manusia, bukan Tuhan
b.      Nabi Yehezkiel berdo'a, ALLAH mengabulkan do'a, lalu hiduplah tulang-tulang itu. Dan Nabi Yehezkiel lagi hebat sekali karena ia dapat menghidupkan lagi tentara dengan jumlah yang sangat besar dalam sekali mukjizat.
c.       Jadi yang membangkitkan orang mati ialah ALLAH.

4. Petrus, Murid Nabi Isa AS

Kisah 9:40 Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: "Tabita, bangkitlah!" Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk.

 tahapan yang dilakukan petrus;
a.       Petrus shalat dulu sebelumnya
b.      Petrus berdo'a pada Allah, dikabulkan, & Tabita bangkit dari kematian.
c.       Jadi yang membangkitkan orang mati ialah ALLAH.

5. Nabi Isa AS

Yohanes 11:40 Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?"
11:41 Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus MENENGADAH KE ATAS & BERKATA: "Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.
11:42 Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."
11:43 Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: "Lazarus, marilah ke luar!"
11:44 Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: "Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi."

tahapan yang dilakukan jesus;
1. Jesus berkata bahwa mukjizat yang akan dilihat semua orang ialah kemuliaan ALLAH, bukan kemuliaan dirinya.
2. Jesus memperhatikan ke atas & berdo'a pada Allah: Ya ALLAH... Maknanya Jesus bukan ALLAH... Jika Jesus Tuhan, tak perlu perhatikan ke atas, cukup perhatikan pada diri sendiri, lepas tu lalu berkata: Ya Aku...
3. Jesus besyukur pada ALLAH, maknanya Jesus bukan ALLAH. Jika lah memang Jesus itu Tuhan, tak usah besyukur pada Tuhan lain...

Atau,,, jika Jesus ialah TUhan, maka ayatnya sepatutnya ditukar menjadi: "Aku, Aku besyukur kepada Aku, Karena Aku telah mendengarkan Aku...
atau...
"Tuhan bersyukur pada Tuhan, karena Tuhan telah mendengarkan Tuhan.... bahwa Tuhan-lah mengutus Tuhan."

4. Allah mengutus Jesus, berarti Jesus bukan Allah, Jesus bukan Tuhan. Sebagai mana Utusan Presiden, tapi ia bukan presiden, dan tidak bisa menentukan apa-apa selain yang diperintahkan presiden.

5. Allah mengabulkan do'a Jesus, maknanya ALLAH-lah yang berkuasa, bukan Jesus.


Kemudian, jika kita perhatikan dalam Qur'an, maka ada pula 3 orang lain yang diberi mukjizat dapat memberi hidup kembali makhluk yang telah mati. Mereka ialah:
1. Nabi Ibrahim AS
2. Nabi Musa AS
3. Seorang pemuda, tidak disebutkan namanya

Kami tak asal bicara saja, tapi semua berdasar bukti dan memang harus ada bukti, dan bukti terkuat ialah kitab. Ayo ayo ayo... kita perhatikan sejenak...
1. Nabi Ibrahim AS

Qs.2 Baqarah:260. Dan ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati." Allah berfirman: "Belum yakinkah kamu ?" Ibrahim menjawab: "Aku telah meyakinkannya, akan tetapi agar hatiku tetap yakin. Allah berfirman: "Ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah semuanya olehmu. Lalu letakkan diatas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera." Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Jelas sekali, Nabi Ibrahim AS berdo'a pada ALLAH, ALLAH mengabulkan doa, bangkitlah & hidup lagi. Jadi yang membangkitkan dari kematian ialah ALLAH.

2. Nabi Musa AS

Qs.2 Baqarah:73. Lalu Kami berfirman: "Pukullah mayat itu dengan sebahagian anggota sapi betina itu !" Demikianlah Allah menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati, dan memperlihatkan padamu tanda-tanda kekuasaanNya agar kamu mengerti.

3. Seorang Manusia

Qs.2 Baqarah:259. Atau apakah orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata: "Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?" Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya: "Berapakah lamanya kamu tinggal di sini?" Ia menjawab: "Saya tinggal di sini sehari atau setengah hari." Allah berfirman: "Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi beubah; dan lihatlah kepada keledai kamu; Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging." Maka tatkala telah nyata kepadanya, diapun berkata: "Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Sebut saja orang ini dengan Mr.X ...
Mr.X ini telah ditunjukkan mukjizat menghidupkan keledai yang telah menjadi tulang karena mati 100 tahun lampau.

Dan terakhir Nabi Muhamad
begini kisahnya
Al-’Ulum al-Fakhirah fi al-Nazhri fi Umur al-Akhirab, Sayyid `Abdurrahman bin Muhammad al Tsa`labi al-Ja`fari al-Maghribi, yang dimakamkan di Aijazair, mengemukakan riwayat Anas r.a. yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw berkata kepada Fari’ah, “Sesungguhnya anak laki-lakimu, Ibrahim, telah mati.” Fari’ah lalu berkata, “Sungguhkah,ya Rasululullah?” Rasul menjawab, “Ya.” Fari’ah lalu berdoa, “Segala puji bagi Allah. Ya Allah, Engkau tahu bahwa aku berhijrah kepadaMu dan kepada Nabi-Mu dengan harapan agar Engkau menolongku dalam setiap kesulitan. Oleh karena itu, jangan Engkau timpakan musibah ini atasku.” Rasulullah membuka penutup wajah anak Fari’ah, kemudian anak itu hidup kembali dan makan bersama kami.

Hikayat ini juga dituturkan oleh Ibnu Qattan dan `Iyadh dari Anas r.a. dengan redaksi, `Ada seorang pemuda dari golongan Anshar meninggal dunia. Ia mempunyai seorang ibu yang lemah dan buta. Kami mengafani jenazahnya dan menghibur hati ibunya agar sabar. Kemudian ibunya bertanya, `Benarkah putraku telah mati?’ Kami menjawab, `Ya.’ Ibunya lalu berdoa, `Ya Allah, Engkau tahu bahwa aku benar-benar berhijrah kepada-Mu dan kepada Nabi-Mu.’ Kisah selanjutnya sama dengan hadis di atas. Riwayat lain dan Ibnu Qattan menceritakan bahwa ketika itu, Allah Swt. menghidupkan anaknya, lalu anak itu makan di hadapan Rasululahh Saw.

Kisah tersebut juga saya kemukakan dalam bab IV kitab Hujjatullah ‘ala al-Alamin. Anas r.a. berkata, “Ketika kami sedang berada di beranda masjid di hadapan Rasulullah Saw, datanglah seorang perempuan tua dan buta yang ikut hijrah membawa putranya yang telah baligh. Tak lama kemudian, putranya terkena penyakit yang scdang mewabah di Madinah. Anak itu sakit beberapa hari, kemudian meninggal dunia. Nabi Saw. menutupkan mata anak itu dan memerintahkan kami untuk mempersiapkan pemakamannya. Ketika kami akan memandikannya, Rasulullah Saw berkata, Anas, panggillah ibunya dan beritahukan kabar ini kepadanya.’ Aku memberitahu ibunya, ia datang lalu duduk di depan kedua kaki anaknya. Ia memegang kedua kaki anaknya, dan bertanya, ‘Benarkah anakku mati?’ Kami menjawab, ‘Ya.’ Ibu itu berdoa, ‘Ya Allah, Engkau tahu aku benar-benar telah menyerahkan diri kepada-Mu dengan sukarela, meninggalkan berhala-berhala dengan sungguh-sungguh, dan berhijrah kepada-Mu karena rasa cinta.Ya Allah, janganlah Engkau masukkan aku ke dalam golongan penyembah berhala, dan janganlah Engkau timpakan musibah yang tidak mampu aku pikul.’ Demi Allah, belum sempat ibu itu menyelesaikan doanya, kedua kaki anaknya bergerak-gerak dan menyibakkan pakaian yang menutupi wajahnya. Kemudian anak itu makan bersama kami dan Rasulullah Saw. Anak itu hidup kembali sampai Nabi Saw dan ibunya wafat.” (HR Ibnu ‘Adiy, Ibnu Abi Dunya, Al-Baihagi, dan Abu Na’im)

Wallahu a'lam bissowaf, tulisan ini hanya sebatas pengetahuan dasar dari penulis kebenaran semata-mata hanya disisi Allah SWT. Penulis hanya menekankan segala sesuatu yang diizinkan oleh Allah itu jadi, maka jadilah itu termasuk peristiwa menghidupkan orang mati tersebut.

Terima kasih

0 komentar:

Post a Comment